Wednesday, July 29, 2009

Pertanyaan Umum 4

Tabungan BSM

T: Apa itu Tabungan BSM?
J: Tabungan BSM adalah jenis tabungan yang berdasarkan prinsip mudharabah.

T: Apa itu prinsip Mudharabah?
J: Mudharabah adalah akad antara pihak pemilik modal (shahibul maal) dengan pengelola (mudharib) untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan tersebut kemudian akan dibagikan sesuai prinsip bagi hasil.

T: Berapa tingkat suku bunga Tabungan BSM?
J: Tabungan BSM tidak mengenal sistem bunga, tetapi menggunakan sistem bagi hasil. Besarnya tingkat bagi hasil sangat tergantung kinerja usaha bank. Dengan demikian, tidak bisa ditentukan diawal. Namun demikian BSM bisa memberikan tingkat nisbah bagi hasilnya. (lihat daftar bagi hasil).

T: Apa itu nisbah bagi hasil?
J: Nisbah bagi hasil adalah nilai prosentasi tingkat bagi hasil antara pemilik dana dengna pengelola. Nisbah bagi hasil ditetapkan oleh bank secara berkala.

T: Apakah Tabungan BSM dilengkapi dengan ATM?
J: Ya. Saat ini, bagi pemegang rekening Tabungan BSM diberikan fasilitas penarikan melalui ATM. Untuk memperluas jaringan ATM, BSM telah melakukan kerjasama ATM dengan Bank Mandiri. Kerjasama sejenis akan terus dilakukan dengan lembaga lain untuk memperluas jaringan bank.

T: Berapa lama proses membuka tabungan hingga mendapatkan ATM?
J: Pada saat pembukaan Tabungan BSM, anda sudah bisa mendapatkan kartu ATM

T: Apakah Tabungan BSM melayani mata uang asing?
J: Pada prinsipnya, BSM tidak melayani tabungan dalam bentuk mata uang asing. Namun demikian, untuk memenuhi permintaan masyarakat, BSM melayani simpanan giro dalam bentuk mata uang USD dengan perlakuan khusus yakni diberikan fasilitas buku.

No comments:

Post a Comment