Monday, July 20, 2009

Bank Syari’ah Harus Banyak Sosialisasi

Perbankan syari’ah mempunyai masa depan yang cerah dalam kancah perekonomian Indonesia. Dengan bertambah banyaknya peminat bank syari’ah di Indonesia, maka itu akan mendongkrak ekonomi ummat. Namun sepertinya orang awam belum terlalu mengenal apa itu perbankan syari’ah.

Sebagai mahasiswa yang mengambil jurusan ekonomi Islam saya biasanya menanyakan kepada orang kampung tentang bank syar’ah, namun mereka menjawab tidak tahu.

Seharusnya pihak dari perbankan syari’ah lebih melebarkan sayapnya untuk menjangkau semua kalangan dan semua tempat. Baik itu orang diperkotaan maupun dipedesaan. Karena semuanya punya kebutuhan dengan bank. Orang pedesaan akan sangat tercekik jika harus meminjam modal di bank konvensional untuk membuat usaha, karena bunga yang dianggarkan oleh bank konvensional sangat tinggi.

Jika masyarakat lebih tahu banyak tentang perbankan syari’ah maka mereka akan lebih memilih untuk menanam modal dan meminjam modal di bank syari’ah.

Kasihan masyarakat kecil jika harus terkungkung oleh bunga yang sangat tinggi. Dengan mengenal dan bergabung dengan bank syari’ah maka mereka akan merasa aman dan tidak tertekan karena bukan sistem bunga yang diterapkan, melainkan mudharabah.

Munawir Syam

ikhwan_idol@yahoo.com

http://inilah.com/berita/citizen-journalism/2009/07/20/130500/bank-syari%E2%80%99ah-harus-banyak-sosialisasi/

No comments:

Post a Comment